Pabrik BYD Brasil produksi 10.000 kendaraan sejak beroperasi Juli 2025
Beritadunia.id – Pabrik BYD di Brasil, yang terletak di kota Camacari, State Bahia, resmi meraih tonggak penting: telah memproduksi 10.000 kendaraan hanya dalam beberapa bulan sejak mulai beroperasi pada 1 Juli 2025.
Pencapaian ini diumumkan pada 25 November 2025, menandai keberhasilan awal pabrik dalam memproduksi model‑model hatchback, sedan plug-in hybrid, hingga crossover.
Pabrik BYD di Camacari merakit tiga model kendaraan sejak awal operasionalnya:
- Dolphin Mini — hatchback listrik murni (EV)
- King — sedan plug-in hybrid (PHEV)
- Song Pro — crossover (kemungkinan juga versi hybrid/plug-in hybrid)
Pabrik ini dirancang dengan kapasitas tahunan sebesar 150.000 unit. Namun, jangka panjang perusahaan menargetkan untuk meningkatkan kapasitas produksi hingga 600.000 unit per tahun.
Dengan demikian, pabrik Camacari menjadi kompleks manufaktur terbesar BYD di luar Tiongkok — menegaskan ambisi global mereka dalam memperluas produksi kendaraan listrik dan hybrid secara internasional.
Upaya transformasi lokasi pabrik — yang sebelumnya merupakan fasilitas dari pabrikan lain — menjadi pusat perakitan kendaraan listrik dan hybrid berhasil dilakukan dalam waktu relatif singkat: sekitar 15–16 bulan.
Pada 1 Juli 2025, pabrik resmi memulai produksi, dengan model pertama yang keluar dari jalur produksi adalah Dolphin Mini. Kendaraan ini menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi secara lokal di Brasil oleh BYD.
Proses cepat ini menunjukkan komitmen kuat BYD terhadap ekspansi global dan kemampuan mereka untuk mengadaptasi operasional di luar Tiongkok dengan efisiensi tinggi.
Pendirian pabrik BYD di Camacari bukan hanya soal produksi mobil — namun membawa dampak ekonomi luas bagi Brasil, khususnya wilayah Bahia:
- Pabrik ini merupakan bagian dari investasi besar senilai 5,5 miliar reais Brasil (sekitar 1 miliar USD) untuk membangun kompleks manufaktur kendaraan listrik & hybrid.
- Diharapkan menciptakan puluhan ribu lapangan kerja langsung dan tidak langsung — memperkuat ekosistem industri otomotif di kawasan tersebut.
- Penggunaan jalur produksi SKD (semi-knock-down) pada tahap awal, dengan rencana bertahap menuju lokalisasi komponen, menunjukkan bahwa BYD berinvestasi juga pada pengembangan pemasok lokal dan manufaktur komponen.
Dengan demikian, pabrik ini diharapkan mendongkrak industri otomotif EV di Brasil, mendukung transisi ke kendaraan ramah lingkungan, dan memperkuat posisi BYD sebagai pemain dominan di pasar Amerika Latin.
Meski sudah mencatat 10.000 unit dalam waktu singkat, pabrik BYD di Brasil masih menghadapi tantangan dalam mencapai kapasitas maksimal. Menurut laporan, pabrik direncanakan menjadi “fully functional” paling lambat pada akhir 2026.
Selama periode transisi ini, sebagian besar produksi dilakukan dengan metode perakitan dari kit (SKD/CKD). Namun BYD berencana untuk mempercepat lokalisasi komponen — termasuk manufaktur suku cadang dan baterai di dalam negeri.
Target ambisius 600.000 unit per tahun hanya dapat tercapai jika rantai suplai, logistik, infrastruktur industri, dan kebijakan lokal mendukung pertumbuhan produksi massal dengan stabil.
Keberhasilan awal pabrik BYD di Brasil menunjukkan beberapa tren penting:
- Percepatan adopsi EV di luar Asia — kehadiran pabrikan China di Amerika Latin mempercepat penyebaran kendaraan listrik & hybrid global.
- Perubahan struktur industri otomotif — dari dominasi mobil konvensional ke EV/PHEV, didukung oleh investasi besar dan pembangunan pabrik lokal.
- Katalis untuk ekosistem hijau & hijrah tenaga kerja — dengan lapangan kerja baru, pelibatan pemasok lokal, dan inovasi manufaktur, kawasan seperti Bahia bisa menjadi hub otomotif EV regional.
- Daya saing harga dan regulasi perdagangan — produksi lokal memungkinkan BYD menghindari tarif impor tinggi dan menawarkan harga yang lebih kompetitif dibanding mobil impor.
Dengan potensi skalabilitas dan jangkauan global, kesuksesan pabrik Brasil bisa menjadi blueprint bagi ekspansi EV ke Amerika Latin dan mungkin kawasan lain.
Pencapaian produksi 10.000 kendaraan dalam hitungan bulan bagi pabrik BYD di Camacari bukan sekadar angka — melainkan simbol ambisi global dan transformasi industri otomotif menuju era kendaraan listrik dan hybrid.
Investasi besar, kecepatan pembangunan, dan target ambisius menunjukkan bahwa BYD serius menjadikan Brasil sebagai jantung ekspansi EV mereka di luar Asia. Bagi Brasil, ini adalah peluang industri, lapangan kerja, dan dorongan ekonomi yang penting.
Meski begitu, tantangan besar menanti — mulai dari lokalisasi manufaktur, stabilitas produksi, hingga kebijakan pendukung — agar target 600.000 unit per tahun bisa tercapai. Bila berhasil, pabrik ini bisa menjadi salah satu pemain utama dalam peta mobil listrik global.

